Masalah Pada Kulit

Posted by Johan Handoko Friday, February 15, 2013 0 comments
Eksim adalah istilah untuk sekelompok kondisi medis yang menyebabkan kulit menjadi meradang atau terjadi iritasi. Jenis yang paling umum dikenal sebagai dermatitis atopik, atau eksim atopik. Atopic mengacu pada sekelompok penyakit dengan kecenderungan sering diwariskan untuk mengembangkan kondisi alergi lainnya, seperti asma dan demam.

Eksim mempengaruhi sekitar 10% sampai 20% dari bayi dan sekitar 3% dari orang dewasa dan anak-anak di AS. Sebagian besar bayi yang mengembangkan kondisi ini menjadi lebih besar pada ulang tahun kesepuluh mereka, sementara beberapa orang terus memiliki gejala sepanjang hidup. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan.

Copyright © Bart's Medical Library / Phototake

Apa Gejala Eksim?


Tidak peduli yang bagian dari kulit terkena, eksim hampir selalu gatal. Kadang-kadang gatal akan mulai sebelum bintik merah muncul, tetapi ketika itu terjadi, bintik merah  yang paling sering muncul pada wajah,belakang lutut, pergelangan tangan, tangan, atau kaki. Hal ini juga dapat mempengaruhi daerah lain juga. Daerah yang terkena biasanya muncul sangat kering, menebal, atau bersisik. Untuk orang berkulit putih, pada awalnya mungkin tampak kemerahan dan kemudian berubah menjadi cokelat. Di antara gelap-orang berkulit, eksim dapat mempengaruhi pigmentasi, membuat daerah yang terkena terang atau lebih gelap.

Pada bayi, bintik merah gatal dapat menghasilkan kondisi kulit mengeras yang terjadi terutama pada wajah dan kulit kepala.

Apa Penyebab Eksim?

Penyebab pasti eksim tidak diketahui, tapi itu diduga terkait dengan respon yang terlalu aktif oleh sistem kekebalan tubuh terhadap iritasi. Ini adalah respon yang menyebabkan gejala eksim. Selain itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat alergi atau asma lainnya. Juga, cacat pada penghalang kulit dapat memungkinkan kelembaban keluar dan kuman masuk

Beberapa orang mungkin memiliki "flare-up" dari kulit gatal dalam menanggapi zat tertentu atau kondisi. Bagi beberapa orang, kontak dengan bahan yang kasar dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Bagi orang lain, merasa terlalu panas atau terlalu dingin, paparan produk rumah tangga tertentu seperti sabun atau deterjen, atau kontak dengan bulu binatang dapat menyebabkan wabah. Infeksi saluran pernapasan atas atau pilek mungkin juga pemicu. Stres dapat menyebabkan kondisi memburuk.

Meskipun tidak ada obat, kebanyakan orang dapat secara efektif mengelola penyakit mereka dengan pengobatan medis dan oleh iritasi menghindari. Kondisi ini tidak menular dan tidak dapat menyebar dari orang ke orang.

Bagaimana Eksim Didiagnosis?

Dokter spesialis anak, dokter kulit, atau penyedia perawatan Anda dapat membuat diagnosis eksim. Meskipun tidak ada tes untuk menentukan eksim, paling sering dokter Anda dapat mengetahui apakah eksim itu dengan melihat kulit Anda dan dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Karena banyak orang dengan eksim juga memiliki alergi, dokter Anda mungkin melakukan tes alergi untuk menentukan iritasi mungkin atau pemicu. Anak-anak dengan eksim terutama mungkin diuji untuk alergi.


Bagaimana Eksim Diobati?

Tujuan pengobatan untuk eksim adalah untuk meringankan dan mencegah gatal, yang dapat menyebabkan infeksi. Karena penyakit ini membuat kulit kering dan gatal, lotion dan krim dianjurkan untuk menjaga kelembaban kulit. Produk-produk ini biasanya diterapkan saat kulit lembab, seperti setelah mandi, untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban. Kompres dingin juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal.

Produk seperti krim hidrokortison 1%, atau krim dan salep yang mengandung resep kortikosteroid, sering diresepkan untuk mengurangi peradangan. Selain itu, jika daerah yang terkena menjadi terinfeksi, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Pengobatan lain meliputi antihistamin untuk mengurangi gatal parah, perawatan tar (bahan kimia yang dirancang untuk mengurangi gatal), fototerapi (terapi menggunakan sinar ultraviolet dioleskan pada kulit), dan siklosporin obat untuk orang yang kondisinya tidak merespon pengobatan lain.

FDA telah menyetujui dua obat yang dikenal sebagai immunomodulator topikal (TIMS) untuk pengobatan ringan sampai sedang eksim. Obat-obatan, dan Elidel Protopic, adalah kulit krim yang bekerja dengan mengubah respon sistem kekebalan tubuh untuk mencegah bintik merah.

FDA telah memperingatkan dokter untuk meresepkan Elidel dan Protopic dengan hati-hati karena kekhawatiran atas risiko kanker mungkin terkait dengan penggunaan obat tersebut. Kedua krim juga membawa "kotak hitam" FDA peringatan pada kemasan mereka untuk dokter dan pasien waspada terhadap potensi risiko. Peringatan menyarankan dokter untuk meresepkan penggunaan jangka pendek dari Elidel dan Protopic hanya setelah perawatan eksim lain yang tersedia telah gagal pada orang dewasa dan anak di atas usia 2. Ini tidak boleh digunakan pada anak-anak di bawah usia 2.

Bagaimana Eksim Dicegah?

Wabah eksim kadang-kadang dapat dihindari atau keparahan berkurang dengan mengikuti tips-tips sederhana.

     Sering melembabkan.
     Hindari perubahan suhu yang mendadak atau kelembaban.
     Hindari berkeringat atau overheating.
     Mengurangi stres.
     Hindari bahan gatal, seperti wol.
     Hindari sabun yang keras, deterjen, dan pelarut.
     Dapat mengetahui setiap makanan yang dapat menyebabkan wabah dan menghindari makanan tersebut.


Sumber: http://www.webmd.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Masalah Pada Kulit
Ditulis oleh Johan Handoko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://physioradianceparis.blogspot.com/2013/02/masalah-pada-kulit.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Physio Radiance | Perawatan Wajah Terkemuka.